Kamis, 25 April 2013

Marketing Strategy VS Marketing Plan

Banyak dari orang-orang yang menekuni dunia marketing masih mengalami kegalauan terhadap perbedaan antara Marketing Strategy dan Marketing Plan. dan bahkan banyak dari marketer sendiri menganggap ini sama. tapi sebenarnya. tapi sebenarnya, terdapat banyak perbedaan didalamnya. disini saya akan menjelaskan dengan singkat namun padat antar keduanya:
  1. MARKETING STRATEGY adalah penjelasan tentang tujuan yang anda butuhkan untuk mencapai target yang telah ditentukan dengan upaya pemasaran. marketing strategi itu sendiri ada/terlahir dari adanya tujuan pencapaian dari suatu bisnis. dan pencapaian goal bisnis dan Marketing Strategy harus saling berangkulan.
  2. MARKETING PLAN adalah bagaimana anda akan mencapai tujuan pemasaran. yang akan memandu anda/marketer dengan peta perjalanan berstrategi dari satu titik ke titik yang lain.
permasalahannya adalah kebanyakan dari orang selalu mencoba untuk tidak menghiraukan dan mencoba untuk mendapatkan sesuatu yang tinggi tanpa terlebih dahulu memikirkan tentang pengawinan antara Marketing Strategy dan Marketing Plan. dan ini yang akan membuang sember daya perusahaan, baik waktu atau pun uang.

ketika beranjak ke sebuah sistem marketing, hal yang harus dilakukan adalah dengan selalu mengidentifikasikan sesuatu dan kemudian beranjak ke tata caranya. dan tidak lupa pula salah satu selogan pemasaran berkata:

strategi adalah pikiran dan planning adalah pekerjaannya

Berikut ini adalah contoh bagaimana keduanya bisa bekerja sama:
  • TARGET : untuk mendapatkan adopsi pasar yang lebih luas.
  • STRATEGY : mengenalkan ke segmen pasar baru.
  • PLANNING: mengembangkan kampanye pemasaran yang dapat di jangkau dengan diidentifikasi-kan dan berfokus pada segmen tertentu.
kalau di analisa mengenai ilmu marketing itu sendiri, terdapat sebuah rumus sukses yang dapat digunakan untuk lebih menjelaskan pentingnya strategi pemasaran dan perencanaan pemasaran dan dapat disimpulkan  sebagai berikut:

MARKETING STRATEGY
MARKETING PLAN
IMPLEMENTATION
SUCCESS

Marketing Strategy terdiri atas:
  • "Sesuatu" yang harus diselesaikan.
  • Menginformasikan konsumen tentang produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Memberitahu konsumen tentang perbedaan suatu jasa atau produk.
Marketing Plan terdiri atas:
  • "bagaimana"  cara melakukannya
  • Membangun kampanye pemasaran dan promosi yang akan mencapai suatu target dalam marketing strategy.
Implentation terdiri atas:
  • Mengambil tindakan untuk mecapai target yang diidentifikasikan dalam Marketing Strategy dan Marketing Plan.
Apabila anda sedang mempersiapkan sebuah Marketing Strategy dan Marketing Plan, berikut ini adalah beberapa komponen yang harus dijalankan pada tiap baigan:

Komponen Marketing Strategy
  • Surat dari pemasar
  • Penguasaan posisi internal
  • Pencapaian masa pendek dan bertarget
  • Pencapaian masa panjang dan bertarget
Komponen Marketing Plan
  • Ringkasan ekskutif - tingkat tinggi rencana pemasaran anda.
  • Tantangan - penjelasan singkat tentang produk/jasa yang akan dipasarkan dan rekapan tujuan yang diidentifikasikan dalam strategi pemasaran anda.
Agar Marketing Strategy dan Marketing Plan bisa berjalan dengan lancar, hal yang harus dilakukan adalah menganalisa - langsung saja kita paparkan:

Menganalisa Situasi - bagian ini dapat diidentifikasikan dengan cara:
  • Goals
  • Fokus
  • Culture/Budaya
  • Kekuatan
  • Kelemahan
  • Pangsa Pasar
Menganalisa Konsumen
Berapa  banyak pelanggan/ konsumen yang ingin anda perjuangkan? Apa tipe konsumen anda? Apa nilai - nilai yang mendorong mereka? terlihat seperti apakah keputusan mereka? Apakah konsumen akan fokes terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan?

Menganalisa Pesaing
Apa posisi anda dalam pemasaran? Apa posisi pasar mereka? apa kekuatan anda ketika datang kepesaing anda? Apa kelemahan anda? Pangsa Pasar apa yang anda tuju? Dan Pangsa Pasar apa yang telah diambil oleh pesaing anda?.

Menganalisa Dan Mengidentifikasi-kan 4P 
  • Product
  • Price
  • Place/Distribution
  • Promotion
Ringkasan
Dari semua yang telah diuraikan menjelaskan bagaimana anda bisa menggunakan informasi ini untuk mendapatkan suatu pencapaian yang telah anda identifikasi pada strategi Marketing anda. lebih spesifik-nya  lebih banyak aksi yang anda lakukan, lebih mudah  juga anda dapat mengikuti hingga step terakhir Implementasi bisnis anda.

Sebagaimana yang anda  lihat bahwa Marketing Strategy yang anda jalani berjalan dengan saling bersanding tangan dengan Marketing Plan anda. dan jika tanpa keduanya, anda akan menemukan bahwa anda tidak hanya membuang-buang sumber daya anda saja, akan tetapi anda juga bisa berakhir terjebak tanpa tahu kemana anda harus melangkah.

hal lain yang penting adalah jangan lupa untuk mengukur setiap kampanye pemasaran yang anda luncurkan untuk melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak. anda dapat menggunakan strategi ini untuk membimbing anda dimasa depan.

~Salam Sukses~



Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

hak cipta bukan untuk dibajak. Diberdayakan oleh Blogger.